Tips Memulai Bisnis Karikatur


Tips Memulai Jasa Karikatur

Assalamualaikum wr. wb

Hampir setiap malam minggu hujan terus ni, jadi nggak bisa kemana-mana. Sambil nonton bola yang kebetulan Semifinal Piala AFF sedang bergulir antara Indonesia VS Vietnam, asyik juga menulis artikel untuk sobat blogger semua agar bisa menambah wawasan. Sedikit berbagi pengetahuan untuk teman-teman semua yang ingin menekuni bisnis karikatur seperti saya.

Yang mana kita ketahui Bisnis Karikatur sekarang sedang menjamur yang bisa menghasilkan omset Puluhan Juta, jadi wajar saja jika banyak yang menawarkan Jasa Karikatur. Mungkin sobat blogger bingung bagaimana mau memulai bisnis ini. Opsss tenang saja sob, saya akan memberikan tips bagaimana caranya untuk memulai bisnis karikatur.

Kendala awal untuk mendirikan suatu usaha biasanya terletak pada Modal, tapi jangan kuatir sob, inilah keuntungan dari usaha bisnis Karikatur ini. Karena modal yang dikeluarkan cukup terjangkau sekali, disini yang dibutuhkan hanya Laptop/Komputer yang udah di tempel (itu bahasa saya) Photoshop atau bisa juga Corel Draw, Modem untuk koneksi internet dan satu lagi Handphone untuk interaksi ke pelanggan yang akan mengorder karikatur (Kalau bisa Handphone dengan fitur BB ya sob). Nah cukup itu aja, gimana ???? sangat terjangkau kan. Tempat kerjanya pun nggak perlu yang wah ... gitu, kalau saya cukup dikamar atau pun di depan Televisi aja sambil nonton (kalau ada acara bola, kalau nggak ada ya saya dikamar aja kerjanya) dan nggak perlu sewa toko lagi sob. Karena menurut pengalaman saya ni, 95 % klien yang order Karikatur Via Online, hanya beberapa orang saja yang memesan melalui rekan kerja atau family yang datang langsung ke rumah. Kalau dihitung-hitung modalnya nggak sampai jual rumah la hehehehe, lebih kurang 10 Juta. Murahkan ???? ketimbang kita buka usaha yang lain yang harus sewa toko, beli produk yang akan dijual yang tentunya membutuhkan modal Puluhan Juta Rupiah. Kembali lagi disini modal yang paling berharga dan tak ternilai adalah "Skill". Semakin tinggi Skill dan kualitas seni yang sobat miliki akan semakin memiliki nilai jual yang tinggi pula.

Saya melihat kalau prospek usaha ini cukup bagus, karena tidak semua orang bisa mengerjakannya. Dibutuhkan Skill yang memadai, kesabaran, kejelian untuk bisa menghasilkan suatu nilai seni karikatur yang berkualitas. Disamping juga pasar yang luas karena bisa dipasarkan secara online dan proses pemesanan yang sangat gampang melalui email yang membuat usaha ini memiliki prospek yang cerah kedepannya. Memang banyak persaingan yang cukup ketat untuk usaha ini, disinilah dituntut kejelian untuk memasarkan usaha karikatur, Banyak yang bisa kita lakukan untuk memasarkannya, bisa melalui FB Ads, Blog, Instagram, Twitter dan lain-lain. Yang terpenting adalah menjaga dan meningkatkan kualitas seni Karikatur kita, karena kualitas yang tinggi akan sangat diminati oleh pecinta seni Karikatur diluaran sana sob. Tapi jujur ni promosi atau pemasaran yang paling bagus menurut saya adalah Klien kita, kenapa saya katakan klien kita??? karena eh karena (kok jadi lagu sich hehehe) dari klien kita ini yang akan menyampaikan ke klien yang lain, tapi ya dengan catatan kualitas seni karikatur yang kita berikan mampu memberikan kepuasan terhadap klien tersebut. Makanya dibutuhkan keseriusan, kesabaran, kerja keras untuk dapat memaksimalkan hasil karikatur terbaik. Ya ... Sekali lagi kesabaran, keseriusan, kerja keras menurut saya adalah harga mati untuk dapat hasil terbaik dari usaha ini.

Setelah usaha karikatur ini berjalan cukup lama akan terasa lebih mudah untuk menjalaninya, kendala akan banyak kita jumpai disaat saat awal memulai bisnis ini. Disini yang agak sulit juga,  kita harus rela memberi gratisan atau harga miring dulu sambil belajar. Setelah melalui usaha dan perjuangan yang panjang maka otomatis kualitas karikatur kita akan semakin menanjak dan menunjukkan hasil yang maksimal, barulah kita berfikir untuk menyesuaikan harga dari Karikatur kita sob. Diawal-awal kita juga haruslah bekerja ekstra untuk mempromosikan karya kita ini, bisa melalui jejaring sosial dan kalau ada modal dikit bisa juga kita promosikan karya kita melalui FB Ads yang tentunya semakin meningkatkan jangkauan pemasarannya. Tapi ada juga ni cara yang gratis tapi ya berkorban rasa malu sedikit dengan cara mempromosikan karya karikatur kita kepada rekan kerja, family atau pun tetangga disebelah rumah. Setidaknya dengan banyak melakukan promosi disana sini tentu akan semakin banyak yang melihat dan memesan karya karikatur kita.

Berbicara masalah resiko, ya ... setiap usaha pasti ada resikonya, tak terkecuali usaha karikatur. Tapi syukur dech usaha karikatur ini memiliki resiko yang minim. Emang ada sich cerita dari teman-teman saya yang juga menjalankan bisnis karikatur ini, ada juga beberapa klien yang tidak membayar pelunasan setelah design karikaturnya selesai dikerjakan. Jadi saran saya ni, mintalah DP paling tidak ya 30-50 % terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti teman saya. 

Nah ... gampang sekali kan sob untuk memulai bisnis karikatur ini, dan modalnya pun relatif terjangkau. Bagaimana ???? tertarik dengan Bisnis Karikatur ini ???? yang penting kita belajar dan terus belajar, karena hanya dengan belajar kita mampu menghasilkan Karya seni karikatur yang berkualitas. Sepertinya ulasan ini saya akhiri sampai disini, semoga bisa berguna bagi sobat yang ingin terjun ke Bisnis Karikatur. Saya akhiri dengan ucapan Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi :www.karikaturkusuka.com


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Tips Memulai Bisnis Karikatur"

  1. Keren nih mas, mslh skil bisa di asah seiring brjlnnya waktu ya..
    Aku jg smpet bsnin karikatur gibi, tp yg bikin temenku.. Aku yg masarn 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali Mas Andi, semakin sering kita membuat design karikatur, maka Skill kita pun semakin terasah pula ...

      Hapus
  2. Untuk memulai bisnis karikatur ini, sebelumnya kita harus menguasai dan benar-benar memiliki kemampuan dalam mengoperasikan desain grafis. Tentunya dengan beberapa software pendukung yang perlu dipelajari. Dan tidak lupa juga ya mas ahmad kita juga harus mempunyai imajinasi dan daya kreatif yang tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep .... benar Mas Ikhsan . Juga dibutuhkan ketelitian dan kesabran yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang terbaik

      Hapus
  3. Emang... Hanya orang-orang yang mempunya sense of art yg tinggi yg bisa bikin gambar karikatur ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan usaha dan kesabaran , semua orang bisa kok mendesign gambar karikatur ini Mbak Retno, yg penting sabar dan sering-sering membuat gambar karikatur, sebagai bahan belajar misalnya kita bisa membuat karikatur dari gambar anak, teman, atau kerabat. Insya Allah akan menjadi terbiasa membuat design Karikatur ini .....

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.