Tips Menyiasati Orderan Karikatur Yang Sepi Pemesan


Tips Menyiasati Orderan Karikatur Yang Sepi Pemesan

Assalamualaikum Wr. Wb

Apa kabarnya sobat blogger  semua???? tak terasa besok kita sudah memasuki bulan yang penuh rahmat dan ampunan yaitu bulan suci Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa,semoga amal ibadah kita di bulan yang suci ini dilipat gandakan oleh Allah SWT... Amin ya rabbal alamin. 

Tak bisa kita pungkiri bahwa didalam menjalankan setiap usaha atau bisnis pasti selalu terdapat yang namanya resiko, tak terkecuali juga bisnis karikatur ini. Bagi saya yang seorang yang tengah menekuni bisnis jasa karikatur, sepi pemesan merupakan salah satu resiko yang sering saya hadapi sehari-hari. Tidak ada kata-kata yang dapat saya katakan selain sabar dan tetap fokus dan konsisten untuk terus semangat dalam menjalankan bisnis karikatur ini.
Dan tak lupa juga berbenah dan terus belajar untuk mendalami masalah yang dihadapi dengan sering bertanya kepada orang yang lebih paham mengenai bisnis karikatur ini. Memang masalah sepi pemesan adalah hal yang harus mampu kita menyiasatinya agar bisnis ini dapat berjalan dengan sebagaimana yang kita harapkan. Mungkin ada beberapa tips yang dapat saya berikan bagi teman-teman yang merasa bisnis jasa karikaturnya sepi orderan. 

Pertama-tama

Kita harus mengetahui terlebih dahulu mengapa usaha jasa karikatur kita sepi pemesan. Mungkin kita dapat mengecek pada tetangga sebelah mengenai harga jasa karikatur yang ditawarkan. Memang saya akui konsumen di Indonesia akan mencari harga yang lebih murah dan akan terus seperti itu sampai ia mendapatkan harga yang benar-benar murah. Disini kita dapat menurunkan sedikit harga jasa karikatur yang ditawarkan jika memang ditempat lain harganya lebih murah. Dan jangan lupa juga untuk terus mempromosikan jasa karikatur kita di semua media, kalau perlu kita bisa memasang iklan. 

Kedua

Saya sering memanfaatkan ponsel untuk menarik pelanggan karikatur agar mau memesan karikatur. Biasanya saya meminta No. Pin BB atau WA dan kalau bisa juga Facebook pelanggan tersebut. Dengan cara seperti ini saya bisa mengiriminya SMS atau Obrolan di BB dengan menunjukkan gambar-gambar karikatur yang unik dan lucu. Tentunya dengan frekuensi yang wajar, jangan sampai pelanggan karikatur tersebut merasa terganggu dengan SMS atau gambar yang kita kirim, lakukan dengan sopan dan sekreatif mungkin yang bisa kita lakukan. 

Ketiga

Lakukan variasi harga atau diskon sekali-kali agar dapat memikat hati para pelanggan karikatur. Saya sering melakukan hal ini yang tujuannya bisa memancing minat para pelanggan untuk memesan karikatur. Misalnya saja khusus untuk menyambut puasa atau menjelang lebaran saya memberikan diskon kepada pelanggan yang akan memesan jasa karikatur saya. Dengan begitu mereka akan merasa tertarik dan mau memesan ditempat saya.

Keempat

Fokus dan tetap semangat untuk menjalani bisnis karikatur ini. Jika hari ini sepi yang memesan jasa karikatur kita mungkin besok akan ramai yang memesan, yang penting selalu optimis karena Rezeki itu sudah diatur oleh Allah Swt. Allah menyukai orang-orang yang selalu semangat dalam berusaha. Jangan patah semangat. 

Kelima

Mungkin ini hal yang sering dilupakan yaitu berdoa kepada Allah SWT semoga usaha jasa karikatur kita mendapat berkah dari-Nya. Doa adalah senjata yang paling ampuh untuk memaksimalkan setiap bisnis yang kita jalani karena Allah lah yang menentukan berhasil tidaknya setiap usaha atau bisnis yang sedang kita geluti.

Mungkin sekian saja tips-tips yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Yang penting tetap semangat dalam menjalankan bisnis karikatur ini, sabar dalam menghadapi pelanggan, teruslah berdoa kepada yang Maha Kuasa. Karena dibalik setiap kesusahan pasti ada kemudahan. Tak terasa mata saya sudah mulai mengantuk. Saya akhiri saja Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Sumber Referensi : www.kompasiana.com

Postingan terkait:

74 Tanggapan untuk "Tips Menyiasati Orderan Karikatur Yang Sepi Pemesan"

  1. alhamdulillah sekarang kita sudah memasuki hari pertama bulan Ramadhan semoga ubadah kita lancar dan pahala melimpah aamiin
    untuk bisnis sudah tentu ada kendalanya, ya untuk kiat-kiatnya menurut saya cukup briliant, semoga usahanya lancar ya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabal alamin.. trma kasi doanya mbak Maya....

      Hapus
  2. Moga di bulan Ramadhan ini makin lancar bisnis karikaturnya, banyak pelanggan, dan berkah ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ... terimakasih doanya Mbak Izzah

      Hapus
  3. Ini bisa juga berlaku untuk bisnis yang lain

    BalasHapus
  4. untuk poin nomer empat sama lima itu penting mas, hehe

    sepertinya aku harus lebih banyak berdoa dan melakukan variasai harga seperti diskon mas.

    kebetulan aku juga ada jasa vektor mas. malah baru mulai sebulanan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas ahmad ... emang tak bisa dipungkiri pelanggan kita paling suka kalo udh ada yg namanya diskon-diskonan hehehe

      Hapus
  5. Coba banyak promo di medsos mas kayak Instagram, foto karya yg menarik, tag akun gede yg byk follower, sapa tahu direpost, colek teman-teman utk endors, bisa juga lukis seleb misal joe taslim, indra herlambang, syahrini, tag mereka kali mau direpost, semangaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik ni sarannya mbak Dewi... akan saya terapkan ... terimakasih

      Hapus
  6. Point2 nya bisa juga untuk bisnis yang lain ya mba.. yang penting ga lupa berusaha dan berdoa ^^ semoga usahanya lancar ya mba..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ... untuk bisnis yg lain bisa juga ko mbak shovia

      Hapus
  7. benar banget mas.. intinya bikin beberapa variasi diskon agar selalu menarik dan diminati oleh customer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Vika... karena org kita suka yg berbau diskon hehehe

      Hapus
  8. Semangat mas! Semoga di bulan ramadhan ini usaha makin lancar dan berkah. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... trimakasih doanya Mbak Nur

      Hapus
  9. Mau dong dibuatin karikatur.... eeh...

    BalasHapus
  10. Coba bikin komik di webtoon deh, biar sekalian berkarya, temen ada yg berhasil membuat komik di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah .. itu dia mbak Evrina... saya kurang hoby mmbuat komik

      Hapus
    2. Cukup menghasilkan juga yak ...
      tapi tentu harus yang beretika dan mendidik generasi muda

      Hapus
  11. Oh masnya bisa bikin karikatur? Mungkin bisa melamar ke penerbit2 buku anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga sarannya ni mbak Hana

      Hapus
  12. saya juga pengen buka usaha seperti ini mas, sayang mentalnya belum siap hehe

    sukses terus bisnisnya, semoga semakin laris
    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kita ada skill nya ... mudah2an mental akan siap Mas Wisnu ... saya doakan semoga suatu saat bisa memulai usaha seperti ini

      Hapus
  13. Setuju, dengan punya nomer WA atau facebook. Kita bisa mengabari atau kasih tahu bila ada diskon ataupun promo ya, Mas :)

    Sukses terus bisnisnya ya, Mas..aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. emaqng zaman sekarang WA atau FB sangatlah penting mas Andi

      Hapus
  14. Semangat mas, semoga lancar jaya bisnisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... trima kasih doanya Mbak April

      Hapus
  15. Thanks Tipsnya, sangat bermanfaat nih ...

    BalasHapus
  16. Selama sepi pesanan, hrs tetap melukis supaya makin sempurna hasilnya. Jgn sampe berhenti yg nantinya membuat hasil karikatur malah menurun kualitasnya.

    Manfaatin medsos instagram mas. Rasanya itu yg skrg lg rame digunakan para online shopping. Bikin iklan yang menarik di IG. InsyaAllah banjir pesanan.

    BalasHapus
  17. Wah seru ya bisnis karikatur itu. Semoga rejeki terus mengalir. Aamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ..makasi doamya Mbak Lusi

      Hapus
  18. Biarpun saya bukan seorang pembisisnis karikatur,,,tapi saya sedikit paham tentang bisnis itu...tetap semangat mas,,semoga tambah sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mas Siswanto.. walau puasa tetap smngat ni

      Hapus
  19. ada baiknya semua medsos diaktifkan mas, buat promosi jasa kita, bikin promo juga sesekali. Salut atas kreatifitasnya membuat karikatur, gak gampang menurut saya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emg semua medsos hrs diperan akrifkan mbak lia agar mndapat hasil yg optimal...

      Hapus
  20. Semoga usahanya lancar dan banyak yang pesan ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... semoga aja lncar mbak arum

      Hapus
  21. sukses untuk usahanya mas, jangan patah semangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mbak sari.. tetap smngat

      Hapus
  22. Sukses ya mas, setuju poin2nya, yang penting memelihara semangat ya. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Mbak Prima ... semangat juga

      Hapus
  23. Trima bikin karikatur (nggak di print tapi dengan berbagai ekspresi) untuk dipajang2 di blog gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima Mbak Fely ... dgn Biaya 30.000 / Kepala

      Hapus
  24. semangat mas...semoga semakin sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... terimakasih mbak retno

      Hapus
  25. Keren deh binisnya. Nanti pengen buat deh...

    BalasHapus
  26. semoga lancar rezekinya, semangat ya mas. mungkin sambil kirim ke koran juga untuk nambah portofolio?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga sarannya mbak Ninda

      Hapus
  27. Sukses ya mas usahanya.
    Keren karikaturnya

    BalasHapus
  28. tulisannya bermanfaat, ga hanya karikatur tapi bisa diaplikasikan di bidang lain juga ya :)

    semoga sukses usahanya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia bnr mbak vanisa... trmakasih doanya...

      Hapus
  29. Harga yang pantas berapa ya mas untuk satu karikatur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehmmm .... berapa ya ???? :)

      Hapus
  30. Semoga usahanya lancar ya mas, amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin .... trma kasih atas doanya mas Rudi

      Hapus
  31. Mau diendorse mas? Hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga mbak Ratusya ... :)

      Hapus
  32. rejeki itu gitulah, pas lagi rame banget minta di stop.. pas lagi sepi baru.. cuma aku percaya burung aja Tuhan kasih makan. masa kita umatnya gak.

    BalasHapus
  33. Wah keren ini tipsnya..
    Apalagi kalo ada diskon habis lebaran hahaay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mama kheiza yg pwsan ada diskonnya kok hehehe

      Hapus
  34. sekarang lebih ke foto ketimbang kariaktur kalau gak slaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung selera masing2 mas

      Hapus
  35. mengerti tentang pelanggann seperti apa juga penting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeppp....... bner tu mas andrie......

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.