24 Desember 2016

6 Tips Ampuh Mengatasi Pelanggan Karikatur Yang Kecewa

Tips Ampuh Mengatasi Pelanggan Karikatur Yang Kecewa
Assalamualikum wr.wb

Tidak selamanya para pelanggan yang telah kita desainkan gambar karikaturnya akan merasa puas. kadang kala ada juga pelanggan merasa kecewa dengan hasil desain karikatur kita. Hal ini pernah juga saya alami, waktu pertama-tama memulai bisnis karikatur, sudah bersusah payah mendesain karikaturnya, tetapi setelah hasilnya dikirim ke pelanggan mereka merasa kecewa karena hasil desainnya kurang cantik.  Tetapi saya tidak berkecil hati dan tetap merivisi ulang karikaturnya guna memuaskan hati sang pelanggan.

Dalam persaingan bisnis sekarang ini, jika terjadi kekurang puasan pelanggan kita harus bijak untuk menghadapinya. Kita harus memberikan solusi terbaik agar pelanggan karikatur tidak merasa kecewa dan bahkan bisa menjadi pelanggan setia kita. Dibawah ini ada sedikit tips dari saya untuk menghadapi keluhan pelanggan karikatur Anda. Yuk kita simak satu persatu sob :

1.  Mendengarkan keluhan pelanggan karikatur dengan baik

Mendengarkan keluhan pelanggan kariktur kita itu adalah hal yang sangat penting sekali, dengarkanlah keluhan mereka dengan seksama, berikan perhatian secara penuh dan jangan lagi melakukan hal yang lain. Kalau perlu tulis apa yang mereka katakan untuk mendapatkan hal-hal yang lebih spesifik lagi. Dan pastikan sekali lagi Anda betul-betul memahami keluhan dan apa yang mereka inginkan.

2.  Biarkan pelanggan karikatur berbicara

Jika pelanggan karikatur anda berada disituasi "tidak puas", janganlah sekali - kali menyela atau membantah, jangan mempertahankan diri atau memberikan penilaian. Pelanggan karikatur anda tidak akan peduli dengan masalah anda dan mereka tidak akan peduli dengan cerita versi anda, yakinlah itu. Mereka hanya menginginkan hasil desain karikatur yang bagus. Jika kita tidak memenuhi hal itu yang ada mereka marah dan kecewa dan ingin melampiaskannya. Jadi menurut saya biarkanlah mereka berbicara dan jangan disanggah.

3.  Meminta Maaf

Pada sebagian orang meminta maaf memang sangat sulit untuk dilakukan, tetapi ini akan berdampak positif bagi bisnis karikatur kita kedepannya. Minta maaflah kepada pelanggan karikatur atas ketidak puasan mereka, katakan kepada mereka akan membuatkan desain karikatur yang lebih bagus lagi. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan tidak tertutup kemungkinan akan menjadi pelanggan setia. Satu hal ni sob, dengan memnita maaf tidak akan meruntuhkan harga diri kita tetapi justru akan mendapatkan empati dari pelanggan karikatur tersebut.

4.  Bertanya kepada pelanggan karikatur bagaimana kita bisa memperbaikinya

Terkadang kita tidak menanggapi keluhan pelanggan karikatur dengan baik, kita tidak tahu seperti apa desain yang mereka inginkan. Jangan segan untuk bertanya kepada pelanggan karikatur kita, desain seperti apa sich yang mereka inginkan, dan mengapa mereka tidak puas dengan hasil kerja kita. Dengan begitu kita menjadi tahu dan bisa memperbaikinya seperti yang mereka harapkan. Jika kita bisa melakukan hal seperti ini maka akan tumbuh rasa percaya yang lebih tinggi dari pelanggan karikatur kita, yang akan memajukan bisnis karikatur kita kedepannya.

5.  Yakinkan mereka bahwasanya kita akan memperbaiki masalahnya

Setelah kita mengetahui seperti apa desain karikatur yang mereka inginkan dan mengapa mereka tidak puas dengan hasil kerja kita. Maka langkah yang bisa kita ambil adalah meyakinkan pelanggan karikatur bahwasanya kita akan segera memperbaiki hasil desain karikaturnya dan segera mengirimkan hasilnya jika sudah selesai.

6.  Ucapkanlah terimakasih

Tanpa feedback dari pelanggan, baik feedback positif mau pun negatif, maka kita tidak akan mengetahui apa yang dirasakan pelanggan karikatur kita. Apakah mereka merasa puas atau tidak sama sekali. Walaupun feedback negatif dari pelanggan karikatur kita yang mengatakan kita telah gagal memenuhi keinginan mereka, tetapi itu juga merupakan informasi yang sangat berharga untuk kita kedepannya. Kita jadi mengetahui hal apa saja yang harus kita perbaiki agar menjadi lebih baik lagi, bagaimana keinginan para pelanggan karikatur. Hal ini akan membuat bisnis karikatur menjadi lebih baik lagi kedepannya. Maka ucapkanlah terimakasih kepada pelanggan karikatur yang secara tidak langsung membuat kita menjadi lebih baik.

Mungkin itulah sedikit tips ala Ahmad yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sobat semua. Jangan cepat menyerah dalam menjalankan sebuah bisnis apalagi bisnis karikatur ini. Semua bisnis pasti memiliki rintangan dan halangan yang justru membuat kita semakin kuat menghadapinya. Ibarat pohon semaikin tinggi akan semakin banyak angin yang akan menerpanya. Mungkin sekian saja tips yang bisa saya berikan, semoga sobat semua sukses dengan bisnisnya masing-masing. Amin. Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : taktikpromosi.blogspot.co.id

BACA JUGA :

10 komentar

Semenyebal apapun pelanggan meletupkan kecewanya tetap harus dihadapi dengan sabar. :D

karena pelanggan adalah raja Mbak Isnaini ... dengan memuaskan pelanggan , Insya Allah mereka akan menjadi langganan setia kita ..... :)

No 5 itu penting bgt...
Kmarin saya malah dpt respon dr seseorang "klo ga puas, uangnya bs dikembalikan"
Nyebelin bgt, saya ga butuh uang, saya butuh produk yg bagus...

kalo dgn cara seperti itu , mungkin pelanggan akan enggan datang kembali... kan kita juga yang rugi kehilangan satu pelanggan. saya setuju dgn mbak Nathalia , tidak apalah harga nya mahal tapi produk/jasa yg kita peroleh bagus dan memuaskan ....

hal sederhana seperti diatas mampu membuat konsumen dari yang jengkel dan mangkel berubah menjadi senang mas ..

betul mas kornelius ... kita harus bisa mendengarkan keluhan pelanggan

Ahh ini gk jauh beda sm job desk kerjaanku mas, harus siap menerima complene nasabah dgn sabar dan dituntut mampu mengatasi masalah

iya mbak siti ... kita harus siap menerima komplain dari pelanggan maupun nasabah untuk meningkatkan rasa percaya mereka terhadap kita

aku suka artikeeel ini :)
karena pada dasarnya memang pelanggan adalah raja.
jika pelanggan salah, kembali ke pasal satu. pelanggan selalu benar haha

ia mbak astari , kita harus memuaskan pelanggan agar mereka mau balik lagi

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.