21 Desember 2016

Tips Mengatasi Bisnis Karikatur Yang Sepi Pemesan

Tips Mengatasi Bisnis Karikatur Yang Sepi Pemesan
Assalamualaikum Wr. Wb

Dalam keadaan sakit ni sob, doakan semoga cepat sembuh ya. Walau dalam keadaan sakit tetapi harus tetap semangat memberikan tips-tips yang berguna bagi sobat semua.

Dalam menjalankan sebuah bisnis apalagi bisnis karikatur sangat dibutuhkan yang namanya kesabaran dan ketekunan serta motivasi yang tinggi untuk mencapai kesuksesan. Walaupun kita sudah sering melakukan promosi diberbagai media sosial tak tertutup kemungkinan bisnis karikatur yang kita jalani mengalami situasi kurang order.

Pada sebagian orang ada yang membiarkan hal ini tanpa melakukan inovasi apa-apa jika terjadi hal seperti ini yang justru mengakibatkan bisnis karikatur yang telah dirintis dengan susah payah akan mengalami ketertinggalan dan kalah saing dengan bisnis-bisnis yang lain yang semakin menjamur.

Lalu langkah-langkah apa sajakah yang harus kita lakukan ni sob ????  sebenarnya cukup sederhana aja dan yang terpenting kita bisa tetap konsisten untuk melaksanakannya.

Tingkatkan pelayanan terhadap pelanggan

Tidak ada bisnis karikatur yang langsung ramai pesanan ketika baru saja dirintis. Untuk melakukan hal ini kita harus lebih meningkatkan layanan terhadap pelanggan. Jangan bosan untuk menjawab pertanyaan mereka. Jika mereka sudah menganggap kita ramah maka besar kemungkinan mereka akan memesan karikatur. Jadikanlah 'Pelanggan adalah raja' sebagai moto kita.

 Dengarkan keluhan pelanggan

Mungkin sobat blogger yang menjalani bisnis karikatur ini pernah mendengar pelanggannya mengatakan "Kenapa ya hasil karikaturnya jelek???" atau juga "Kenapa ya hasil karikaturnya tidak sama seperti wajah aslinya???". Jujur saja saya pribadi pernah mengalami kejadian seperti ini pada awal-awal saya memulai bisnis karikatur ini, tetapi dengan hati yang lapang dan motivasi yang tinggi agar bisa menjadi lebih baik lagi saya pun memberikan kesempatan kepada mereka untuk merevisi kembali karikaturnya, dan Alhamdulillah setelah saya merevisi hasil karikaturnya mereka pun puas dengan hasil kerja saya. Jadi intinya ni dengarkan apa yang para pelanggan keluhkan, jangan lupa bertanya apakah mereka sudah merasa puas dengan hasil karikatur yang kita buat. Dengan begitu kita akan lebih memahami lagi apa keinginan/selera dari pelanggan karikatur kita.

Promosi secara online dan offline memiliki peranan penting

Promosi bisnis karikatur ini tak hanya harus dilakukan di media sosial seperti Facebook, twitter, atau Instagram saja. Akan tetapi pemasaran melalui offline pun juga memiliki peranan yang cukup penting untuk memajukan bisnis karikatur ini. Kita bisa juga mencoba untuk mengikuti event offline contohnya pameran, bazar atau event kerjasama yang lainnya. Melalui event offline ini kita memiliki peluang besar untuk memperkenalkan bisnis ini didepan banyak orang. Yang kita butuhkan cukup kartu nama yang unik dan informatif agar menarik perhatian dan selalu diingat oleh orang lain. Jangan lupa cantumkan nama dan nomor kontak yang jelas agar mudah dihubungi oleh orang-orang yang kita temui saat melakukan promosi secara offline.

Jangan pelit untuk memberikan bonus atau reward

Jangan pernah pelit untuk memberikan bonus atau pun juga reward kepada para pemesan karikatur kita, apalagi ni dalam jumlah yang banyak, cepat-cepat dech berikan bonus pada mereka. Bonus yang kita berikan dapat juga berupa potongan harga, bisa juga bonus berupa cetakan, atau bebas ongkos. Banyak yang bisa dilakukan untuk menarik minat para pelanggan karikatur. Kalau saya sich.... jika mereka memesan dalam jumlah yang banyak maka saya kasih potongan harga sekitar 10-20 % dan jika mereka sekalian minta untuk dicetakkan hasil karikaturnya maka saya kasih 'Free Ongkir'.

Memang dengan memberikan bonus kepada pelanggan akan mengurangi keuntungan, akan tetapi dibalik semua itu cukup ampuh untuk mempertahankan loyalitas dan kepercayaan pelanggan kepada kita. Jika pelanggan sudah merasa puas dan merasa dihargai maka besar kemungkinan mereka akan datang kembali dilain waktu untuk memesan karikatur, percayalah.

Untuk kesempatan ini, mungkin sekian dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadi manfaat bagi sobat yang menekuni bisnis karikatur ini. Intinya bahwa banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kembali reputasi dan orderan jika kita tetap optimis dan memiliki motivasi yang tinggi dalam menjalankannya. Karena Keoptimisan dan Motivasi yang tinggilah yang mampu membuat kita berpikir jernih dan memunculkan inovasi-inovasi baru di bidang bisnis. Ketatnya persaingan bisnis janganlah membuat kita menjadi mudah menyerah dan putus asa, karena putus asa itu tidak ada dalam kamus kita sobat. Semangatttttttttt ............... Wassalamualaikum wr. wb.

sumber referensi : www.maxmanroe.com



BACA JUGA :

6 komentar

wah. tipsnya bisa diterapkan di bisnin apa aja nih :)

ya Mas Jerry ... dalam semua bisnis bisa diterapkan ... :)

Iya memberi reward penting sekali ya mas, supaya pelanggan akan datang lagi dan siapa tahu itu jadi promosi gratis ke teman-teman pelanggan juga :)

ya mbak Sundari.... dgn memberi reward atau pun bonus yang akan membuat pelanggan jadi lbih tertarik dan mau datang lagi

Semoga usahanya Om sukses yaa.....di bookmark kalau-kalau butuh untuk kenang-kenangan.

Amin ... monggo di bookmark mbak Desy , mana tau butuh tinggal kontak saya ... :)

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.