3 Tips Ampuh Promosikan Jasa Karikatur Lewat Halaman Facebook


3 Tips Ampuh Promosikan Jasa Karikatur ke Facebook

Assalamualaikum wr. wb

Zaman sekarang ini siapa yang nggak tahu yang namanya facebook, sudah pasti semua tahu facebook, baik dari anak SD, SMP bahkan yang sudah tua sekalipun masih berhubungan dengan facebook. Maka tak ayal facebook adalah tempat yang sangat tepat sekali untuk mempromosikan/memasarkan Jasa Karikatur yang sedang kita bangun. Semoga saja dengan menerapkan tips-tips yang saya berikan bisa membuat bisnis karikatur sobat meroket bak pesawat tempur jet Sukhoi milik TNI - AU kita.

Disini media pemasaran yang kita pakai untuk memasarkan Jasa Karikatur adalah FansPage / Halaman Facebook. Setiap media pemasaran di facebook itu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan pengalaman saya Halaman Facebook memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan media pemasaran facebook yang lain seperti Group atau akun Personal. Diperlukan srategi yang tepat sasaran untuk bisa memanfaatkan Halaman Facebook, apa saja strategi yang dibutuhkan untuk memasarkan Jasa Karikatur melalui Halaman Facebook. ??? Mari disimak uraiannya dibawah ini :

1. Buatlah Halaman Facebook untuk Bisnis Karikatur anda  

Hal yang perlu kita lakukan untuk mempromosikan bisnis karikatur adalah dengan membuat Halaman Facebook terlebih dahulu, bagaimana cara membuatnya ni sob ??? caranya cukup gampang kok. Pertama-tama masuk ke akun Facebook sobat, buka tab baru kemudian kunjungi alamat berikut https://www.facebook.com/pages/create.php, dihalaman ini sobat akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti Brand or Product, Entertaiment dan lain sebagainya, pilih aja salah satunya, kalau saya pilih "Seni Sastra" karena ini yang cocok dengan branding karikatur menurut saya. Lalu klik get started dan isi semua informasi tentang bisnis karikatur sobat. Setelah semua data diisi maka selesai dech proses pembuatan halaman facebooknya.

2. Perbanyaklah "Like" di Halaman Facebook dan bangunlah interaksi dengan para pengikut (audience)

Setelah sobat berhasil membuat halaman facebook langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperbanyak "Like" di halaman facebook yang telah kita buat. Ibarat kata ni 'Halaman bisnis karikatur' yang telah kita kelola adalah saluran promosi, jika orang-orang tidak tahu tentang saluran promosi sobat, maka tidak ada yang melihat saluran promosi sobat, jadi jika tidak ada yang melihat sudah pasti tidak ada yang tahu tentang bisnis karikatur yang sobat jalani. Maka dari itu sobat perlu membangun audience dihalaman facebook dan orang-orang harus menyukai halaman facebook sobat agar mereka bisa melihat hasil-hasil desain karikatur kita yang tentunya akan menambah daya tarik para pecinta seni karikatur. Intinya ni sob, kita perlu memperbanyak Fans (Likers) di halaman facebook. Terus bagaimana sich cara memperbanyak fans like dihalaman facebook??? ini yang ditunggu - tunggu dari tadi. 

  • Promosikan Halaman Facebook di Blog Sobat
Tentunya sobat sudah mempunyai Blog atau website kan untuk mempromosikan Halaman Facebook. Salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan halaman facebook ini adalah dengan memasang widget like box halaman facebook di blog/web sobat. 

  • Promosikan Halaman Facebook sobat di Media Sosial yang lain 
Promosi adalah kunci utama dalam membangun halaman facebook yang ramai. Halaman haruslah selalu dipromosikan keberbagai media sosial yang lain agar banyak yang mengetahui keberadaan halaman facebook kita. Dengan begitu para pembaca semakin mengenal bisnis karikatur yang sedang kita jalani. Sobat bisa mempromosikan Halaman Facebook ke Google Plus, Twitter, Instagram, Linkeddin dan lain-lain. 

  • Iklankan Halaman Facebook sobat

Kita bisa mempromosikan Halaman Facebook dengan fitur Fb Ads, iklan berbayar milik facebook. Fb Ads ini memberikan manfaat yang besar sekali untuk bisnis karikatur kita sob. Dengan Fb Ads maka jangkauan kiriman akan semakin luas dan tertarget.

Sebelum kita gencar melakukan promosi halaman facebook, harus dipastikan dulu ni sob bahwa halaman facebook kita sudah di isi dengan konten atau pun contoh - contoh desain karikatur untuk memastikan kepada para audience kesungguhan sobat dalam menjalani bisnis karikatur ini. Selain itu untuk lebih menambah rasa percaya audience kita perlu melakukan interaksi dan kedekatan terhadap mereka. 

Berikut ni sob cara membangun interaksi dan kedekatan dengan audience :

  • Bagikan tips-tips yang bermanfaat untuk fans di halaman facebook

Kita bisa membagikan tips-tips yang bermanfaat bagi fans halaman facebook, contohnya ni 'tips aman pesan karikatur secara online'.  Ini bermanfaat bagi fans Halaman Facebook sobat yang ingin memesan jasa karikatur secara online. Dengan begitu mereka merasa terbantu dengan adanya tips-tips yang kita berikan.

  • Bagikan testimonial dari pemesan karikatur sobat
Sobat bisa membagikan testimonial para pelanggan karikatur, hal ini akan sangat berguna sekali untuk menambah rasa percaya mereka terhadap reputasi bisnis karikatur yang kita kelola. Semakin banyak testimonial yang kita berikan akan berdampak positif bagi kelangsungan bisnis karikatur kita.

Selaku pengelola halaman facebook sudah seharusnya kita sering mengupdate konten halaman. Sajikan konten yang dibutuhkan oleh pelanggan karikatur atau paling tidak yang berhubungan dengan karikatur agar terjalin interaksi antara pengelola halaman dengan fans atau pengikutnya, karena semakin sering para fans atau pengikut melakukan interaksi dengan kita maka mereka akan semakin hapal dan percaya dengan bisnis karikatur yang kita jalani.

3. Menawarkan Jasa Karikatur di Halaman Facebook sobat


Setelah sobat memiliki Halaman Facebook, jumlah fans (likers) yang banyak dan sudah terjadi banyak interaksi dengan para audience maka langkah selanjutnya adalah memanfaatkan halaman tersebut untuk memasarkan Jasa karikatur sobat agar mendapatkan lebih banyak lagi peminat dari seni karikatur ini.

Secara ringkas, inilah hal-hal yang harus dilakukan untuk memasarkan Jasa Karikatur lewat Halaman Facebook : 

 a.  Meningkatkan jumlah fans atau pengikut dihalaman facebook yang kita kelola

Semakin banyak fans / pengikut yang kita miliki pada halaman facebook, maka akan semakin besar peluang yang akan kita dapatkan untuk menarik minat pelanggan, karena semakin banyak fans / pengikut semakin banyak pula yang melihat promosi (marketing) tentang Jasa Karikatur yang kita kelola. Gunakan lah FB Ads untuk menjangkau lebih banyak fans.

b.  Membangun interaksi dan melakukan marketing di halaman facebook

Tidak hanya meningkatkan jumlah fans sobat dihalaman facebook, akan tetapi juga mengisi konten-konten di halaman. Apakah itu konten yang bermanfaat bagi fans sobat yang bisa menimbulkan interaksi antara fans dan pengelola halaman atau pun juga konten untuk memasarkan bisnis karikatur itu sendiri.

Sekian dulu ni sob tips-tips yang bisa saya berikan, dengan 3 langkah yang telah saya uraikan diatas semoga sobat bisa memahami alur marketing facebook dengan memanfaatkan halaman facebook dan bisa membantu pemasaran bisnis karikatur sobat. Jangan pernah menyerah dan tetap semangat. Wasslamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : http://jefferlysuperclub.com


Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "3 Tips Ampuh Promosikan Jasa Karikatur Lewat Halaman Facebook"

  1. Balasan
    1. hehehe ..... kalau mau buat kontak saya aja mbak Ida

      Hapus
  2. tips nya boleh juga nih, buat yg pemula menjadi pengusaha karikatur. BTW karikaturnya bagus2 :)

    BalasHapus
  3. Testimoni salah satu yg paling ampun jg yaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak suci ... testimoni berguna untuk membangun rasa percaya pelanggan terhadap kita .....

      Hapus
  4. facebook memang tempat yg strategis utk menawarkan barang dan jasa kita ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak Santi ... karena zaman sekarang semua sdh menggunakan Facebook ...........

      Hapus
  5. saya belum lihai bikin karikatur bosss..
    ada saran?
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehmmmm .... sering-sering aja desain punya sendiri atau teman ... nanti lama-kelamaan akan lihai .......

      Hapus
  6. sukses terus mas semoga rizkinya baik dan berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... terimakasih Mas Angkisland .......

      Hapus
  7. keren juga nih, buatnya pakai program atau aplikasi appa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buatnya secara manual mbak Ida, kalau pakai program hasilnya kurang maksimal .... :)

      Hapus
  8. waallaikumsallam
    Pemanfaatan media sosial memang cukup efektif daya jangkaunya juga sangat luas
    jadi ingin bisnis nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu mbak Maya... dengan medsos yg lagi populer saat ini .. memberikan peluang besar bagi pebisnis online

      Hapus
  9. Keren karikaturnya, Mas^^
    Request satu dong ahahaaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak Alma ... untuk Mbak Alma saya diskon ..... :)

      Hapus
  10. Saya jualan di antaranya juga memanfaat halaman Facebook. Semoga sukses ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang besar peluang dan jangkauan dgn menggunakan halaman Facebook ya Mas Akhmad ..... :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.