Tips Promosi Bisnis Karikatur Secara Off Line


Tips Promosi Bisnis Karikatur Secara Off Line

Assalamualaikum wr. wb

Sudah lama tidak update artikel, kangen juga rasanya untuk menuliskan artikel di blog ini. Memasuki awal tahun 2017 ini, semangat untuk meningkatkan kualitas menulis kian bertambah dan semoga saja akan selalu seperti ini. 

Mungkin berbicara promosi bisnis karikatur secara online, sobat blogger sudah pada mengerti semua. Tetapi berbicara mengenai promosi bisnis karikatur secara off line, akan sedikit berbeda dengan cara secara online, bahkan bisa dibilang jauh berbeda.

Karena disini dibutuhkan dana yang lebih dan sedikit agak capek. Kalau promosi bisnis karikatur secara online, dana yang dibutuhkan hanya paket data internet dan selebihnya tinggal nongkrong aja di depan komputer, tetapi berbeda halnya dengan mempromosikan bisnis karikatur secara offline, banyak hal yang harus dilakukan.

Walau demikian bukan berarti promosi bisnis karikatur secara online itu tidak penting. Menurut saya baik promosi secara online maupun secara offline sama pentingnya. Namun ada beberapa alasan yang mungkin orang tidak bisa melakukan pemasaran bisnis karikatur secara online :

1.  Tidak semua calon pelanggan karikatur memiliki waktu untuk mencari website kita dan jika pun mereka mempunyai waktu maka dibutuhkan website yang memiliki ranking halaman pertama di mesin pencari agar para calon pelanggan karikatur dapat menelusuri website kita dan melakukan pemesanan desain karikatur.

2.  Sekarang ini untuk mengoptimalkan sebuah website di seach engine agar nongkrong di halaman pertama bisa dikatakan sudah semakin sulit karena ketatnya persaingan diantara website-website pesaing yang lain.

3.  Jika bertemu secara langsung dengan para pelanggan karikatur akan lebih meningkatkan rasa percaya mereka kepada kita.

Dengan melihat 3 poin diatas dapatlah dikatakan bahwa promosi karikatur secara offline tidak bisa dipandang sebelah mata. Maka dari itu saya akan coba menyajikan pembahasan bagaimana sih cara agar promosi secara offline bisa lebih optimal lagi. Yuk kita simak aja dibawah ini : 

1. Menyebarkan Brosur

Menyebarkan brosur mengenai bisnis karikatur kita ke orang-orang yang sedang berlalu lalang merupakan cara yang menurut saya murah meriah untuk memperkenalkan bisnis karikatur ke banyak orang. Brosur dapat berisi gambar-gambar karikatur dan juga kalimat-kalimat yang dapat menggugah pelanggan pastinya.

2. Memasang Bisnis Karikatur di Koran 

Membaca koran di pagi hari merupakan sudah tradisi di negara kita. Ini bisa dimanfaatkan untuk memasang iklan tentang bisnis karikatur kita, bisa dimulai dari iklan baris yang kecil tetapi dengan frekuensi yang sering. Disini kita akan menyadari dengan mengiklankan bisnis karikatur di koran akan memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan pemesanan desain karikatur.

3. Membagikan Kartu Nama

Pengaruh memberikan kartu nama saya rasa cukup besar, bagikan kartu nama kepada orang-orang yang kita temui agar lebih memperkenalkan bisnis karikatur kita kepada orang tersebut. Pastikan kalau kartu nama itu sudah tercantum email, kontak yang bisa dihubungi dan alamat tempat tinggal dan bisa juga website karikatur kita agar memudahkan mereka melihat sample-samplenya.

4. Memasang Poster di Berbagai Tempat Strategis

Dengan memasang poster yang berisikan gambar-gambar karikatur yang kita miliki dan tentunya kalimat-kalimat yang telah dirangkum untuk meluluhkan hati para pelanggan, akan mampu meningkatkan pemesanan jasa karikatur secara signifikan. Dengan melihat poster karikatur kita mungkin mereka akan tertarik dan memesan desain karikatur.

5. Dari Mulut ke Mulut

Cara ini sepertinya cukup menakjubkan untuk melakukan promosi bisnis karikatur secara offline. Cukup mudah untuk dilakukan akan tetapi banyak juga yang mengabaikannya. Disini kita dituntut untuk tidak malu mengutarakan tentang bisnis karikatur ini. Kalau masalah mereka mau pesan atau tidak itu soal belakangan yang penting mereka tahu dahulu tentang jasa karikatur yang kita jalani. Dengan begitu apabila suatu saat mereka memerlukan jasa pembuatan karikatur, mereka akan menghubungi kita. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut sangat ditentukan juga dengan cara memiliki banyak teman dan relasi yang akan menyampaikan bisnis karikatur ini ke teman-teman yang lain.

Sepertinya cukup sekian aja artikel ini saya bagikan semoga dapat memberikan manfaat bagi semua. Wassalamualaikum wr. wb

Sumber referensi : www.beresweb.com

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Tips Promosi Bisnis Karikatur Secara Off Line"

  1. karikaturnya bagus-bagus,,, kalo ikut lomba blog bagus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinginnya sich Mas Irwin , tapi jarang dengan kategori Karikatur :)

      Hapus
  2. eh iya karikaturnya bagus mas
    jadi pgn buat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mas ikrom , tinggal kontak aja saya :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.