Startegi Ampuh mempromosikan Bisnis Karikatur Dari Mulut ke Mulut


Strategi Promosi Bisnis Karikatur Dari Mulut ke Mulut

Assalamualaikum wr. wb

Berbagai daya dan upaya akan terus dilakukan para pebisnis karikatur untuk memasarkan usahanya. Dimulai dari dana yang cukup besar seperti memasang pamplet di depan toko sampai dengan cara yang murah. Cara tradisional bisa dikatakan juga cukup murah, contohnya menyebarkan bisnis karikatur ini dari mulut ke mulut. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi sobat yang ingin terjun ke bisnis karikatur tetapi tidak memiliki dana yang memadai untuk memasarkan dan mengenalkannya kepada para pelanggan. 

Walaupun cara memasarkan bisnis karikatur dari mulut ke mulut ini dikatakan cara yang tradisional tetapi cara ini cukup ampuh untuk memasarkan bisnis karikatur dan dikatakan juga bahwa 68 % para pelanggan memesan karikatur dengan cara ini. Menurut saya strategi ini adalah cara yang tidak bisa terlupakan oleh para pebisnis karikatur karena cara ini cukup mudah dilakukan dan hasilnya cukup memuaskan. Dengan rekomendasi dari teman atau kerabat ternyata dapat meningkatkan rasa percaya pelanggan karikatur dan dapat meningkatkan pesanan hingga 2 kali lipat.

Selain mempromosikan karikatur dari mulut ke mulut tidak harus mengeluarkan biaya bisa dikatakan ini adalah strategi promosi gratis yang sangat efektif sekali. Apalagi orang Indonesia yang suka bersosialisasi dan berkumpul untuk berbagi cerita dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis karikatur melalui mulut ke mulut. Dengan strategi seperti ini akan meningkatkan loyalitas para pelanggan terhadap usaha karikatur kita. 

Untuk bisa mengoptimalkan promosi bisnis karikatur saya akan coba memberikan beberapa tips kepada sobat semua : 

1. Lakukan pemasaran bisnis karikatur kepada orang yang paling berpengaruh pada suatu komunitas,serta senang berbagi cerita kepada rekan atau kerabatnya tentang suatu hal yang mereka ketahui sehingga semakin banyak anggota komunitas tertentu yang mengetahui tentang jasa karikatur kita dan besar kemungkinan ia akan menyebar luaskan tentang bisnis karikatur ini ke pelanggan karikatur yang lain.

2.  Memberikan pelayanan yang memuaskan bagi setiap pelanggan karikatur. Dengan memberikan kepuasan setiap pelayanan karikatur yang kita berikan maka secara tidak langsung pelanggan karikatur tersebut akan memberikan informasi kepada pelanggan karikatur yang lain tentang kelebihan jasa karikatur yang kita miliki sehingga tingkat kepercayaan para pelanggan semakin tinggi karena rekomendasi dari rekan atau kerabatnya.Tentunya ini akan menjadi dampak yang positif  buat kemajuan usaha bisnis karikatur kita.

3.  Buatlah usaha bisnis karikatur ini semenarik mungkin dimata para calon pelanggan yang berada disuatu lingkungan tertentu, sehingga bisa menjadi buah bibir di lingkungan tersebut. Dengan demikian dapat meningkatkan minat calon pelanggan yang ada di lingkungan tersebut untuk menyebarluaskan informasi tentang bisnis karikatur ini, sehingga pemasaran dari mulut ke mulut akan semakin meluas.
  
Namun disamping cara promosi dari mulut kemulut ini memberikan banyak keuntungan, namun kualitas dari desain karikatur haruslah tetap dijaga dan pelayanannya harus terus ditingkatkan agar pelanggan karikatur kita memberikan informasi yang positif kepada rekan-rekannya yang lain dan janganlah mengecewakan mereka karena tidak tertutup kemungkinan mereka juga akan memberikan informasi yang negatif kepada rekan-rekannya yang lain apabila kita mengecewakan pelanggan karikatur kita. 

Mungkin hanya itu tips-tips yang bisa saya berikan kepada sobat agar dapat diambil intisarinya dan bisa diterapkan ke dalam usaha bisnis karikatur sobat. Semoga bisa menjadi manfaat untuk semua dan saya akhiri dengan ucapan Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : bisnisukm.com

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Startegi Ampuh mempromosikan Bisnis Karikatur Dari Mulut ke Mulut"

  1. wah mantep kang karikaturnya ,,, pasti insyallah saya promosikan kang

    BalasHapus
  2. Bagus juga nih karya karikaturnya , sy salut, kr sy tdk bisa
    http://paktani02.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. Wah keren karikaturnya. Apakah tips promosinya, apa tips seperti ini bisa diaplikasikan pada promosi produk lain selain karikatur?

    BalasHapus
  4. kalau dalam bahasa jawa ini namanya "getok tular" alias dari menyebarkan berita atau informasi dari mulut ke mulut, hehehe...

    BalasHapus
  5. Cara promosi yang sangat akurat, ketimbang sekarang ini.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.