Cara Mudah Kenali Jasa Karikatur Yang "Nakal"



Assalamualaikum wr. wb

Saat ini pemesanan produk atau jasa melalui online memang menjadi pilihan, begitu juga dengan pemesanan jasa karikatur. Mengingat pemesanan jasa karikatur melalui toko fisik menyita waktu terlebih lagi dikota-kota besar yang dihantui dengan namanya kemacatan. Akan tetapi mungkin masih banyak pelanggan karikatur di luar sana yang masih takut atau ragu untuk melakukan transaksi via online karena makin maraknya penipuan via online ini. Lantas bagaimana cara kita para pelanggan karikatur ini untuk terhindar dari penyedia jasa karikatur yang 'Nakal' ini ???? Hal ini mudah dikenali oleh pelanggan karikatur dengan beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

1. Memiliki akun media sosial yang fiktif

Janganlah begitu saja kita langsung percaya kepada orang baru kita kenal di dunia maya. Mungkin saja si penyedia jasa karikatur membuat akun di media sosial namun fiktif atau palsu. Ia sengaja memasang akun fiktif, share foto-foto karikatur dengan harga yang sangat murah di bawah harga pasaran. Inilah hal yang harus diwaspadai karena itu adalah trik mereka untuk memikat para pelanggan karikatur supaya terjerat kedalam perangkapnya.  

2.  Memasang harga jasa karikatur yang sangat murah

Jika ada oknum-oknum yang menawarkan harga karikatur dengan harga yang sangat murah, saran saya janganlah langsung tergiur begitu aja, karena harga murah tidak menjamin kualitas dan bisa saja si penyedia jasa karikatur tersebut hanya ingin menjerat kita agar bisa masuk kedalam perangkapnya.

3. Penyedia jasa karikatur yang sering mengganti profilnya baik Fb, Instagram maupun media sosial yang lainnya

Sebelum memesan desain karikatur, sebaiknya amati dan pelajari terlebih dahulu apakah si penyedia jasa karikatur konsisten memasang nama profilnya. Jika ia sering mengganti profilnya baik di Fb atau pun di media sosial lainya, ini patutlah dicurigai karena ciri-ciri oknum penipu penyedia jasa karikatur kerap mengganti nama profilnya sesudah ia menipu korbannya agar ia tidak dapat dicari.

4. Tidak memiliki sebuah website jasa karikatur

Jika ada penyedia jasa karikatur yang berpromosi di media sosial, entah itu FB, Twitter, Instagram dan lainnya, ada baiknya di cek terlebih dahulu apakah ia mempunyai sebuah website yang mengulas tentang jasa karikaturnya tersebut. Jika ternyata ia tidak memiliki sebuah website patutlah dicurigai. Dan jika ia memiliki sebuah website kita akan lebih mudah mengenalinya, akan lebih mudah melihat sample-sample karikaturnya, dan tentunya akan lebih mudah menghubunginya melalui kontak yang tertera di website tersebut.

5. Kontak si penyedia jasa karikatur yang susah di hubungi / sering mengganti nomor telepon

Website si penyedia jasa karikatur ada di telusuri dan menyediakan kontak di menu websitenya namun ketika dihubungi nomor tidak aktif atau jarang diangkat. Ini juga patut kita waspadai sebagai pelanggan karikatur. Bisa jadi setelah berhasil mengelabui seorang korban ia akan mengganti nomor telponnya agar keberadaannya tidak dapat di lacak oleh si korban penipuan.

Dengan mengenali ke 5 poin diatas semoga kita dapat terhindar dari si penyedia jasa karikatur yang 'nakal'. Misalkan ada ke 5 ciri - ciri yang saya sebutkan diatas terdapat pada sebuah penyedia jasa kariktur, disini saya tidak bisa mengatakan bahwa ia 100 % penipu, saya hanya menyarankan untuk waspada dan berhati - hati. Demikian informasi ini saya sampaikan dan semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : www.kompasiana.com


Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Mudah Kenali Jasa Karikatur Yang "Nakal""

  1. Jaman sekarang emang harus selalu waspada, bukan bermaksud berburuk sangka, tapi hanya berhati-hati.
    Penipuan bisa terjadi di mana saja.
    Mantap tipsnya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar Mas Rudi ... semua harus diwaspadai

      Hapus
  2. karikaturnya keren :D semoga sukses usahanya ya

    BalasHapus
  3. iya jaman sekarang harus hati2 mas

    BalasHapus
  4. Hmmmmmmm

    Mengingat karya karikatur sekarang lagi happening banget buat kado dan hadiah, para calon pengguna jasa karikatur emang harus jeli dan paham ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas .... karena sekarang banyak sekali penipuan di dunia maya

      Hapus
  5. Karikaturnya bagus ya. Ternyata dunia perkarikaturan pun ikut ternoda dengan scam ya, kupikir cuma belanja online dan dunia nyata saja. Terimakasih infonya, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua harus diwaspadai untuk zaman sekarang ini Mbak Iyah .... terlebih lagi transaksi via online

      Hapus
  6. Ternyata ada juga jasa karikatur yang nakal ya mas?! Nice sharing nih

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.