Cara Mengoptimalkan Layanan BBM Untuk Bisnis Karikatur


Cara Mengoptimalkan Layanan BBM Untuk Bisnis Karikatur

Assalamualaikum wr. wb

Bagi saya membangun sebuah bisnis kariaktur merupakan sebuah pilihan yang sudah saya tempuh selama ini. Sebuah bisnis yang cukup unik dan berbeda dari bisnis yang lain membuat saya menjatuhkan pilihan pada bisnis karikatur ini selain modal yang cukup terjangkau tentunya. Seorang karyawan tetap seperti saya ini pun bisa menjalankan bisnis karikatur, karena bisnis ini tidak menyita waktu yang banyak dan bisa dikerjakan sembari menonton televisi atau pun sedang santai seperti saya sekarang ini. 

Sebagai penyedia jasa karikatur kita dituntut untuk selalu update dan selalu mempromosikan bisnis karikatur ini dan jangan lupa pula untuk melakukan feedback yang cepat dan ramah kepada calon pelanggan karikatur. Pada zaman yang serba digital ini tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis karikatur secara online, salah satunya yang cukup efektif menurut saya adalah dengan memanfaatkan fitur layanan Blackbery Messenger atau biasa disebut dengan singkatan BBM.

Aplikasi BBM memang sudah dikenal sejak dahulu sebelum aplikasi Android yang lagi semarak belakangan ini. Penggunaan yang mudah dengan berbagai fitur yang dimiliki seperti berbagi file foto yang menjadikan BBM ini sebagai salah satu unggulan dalam pemanfaatan promosi sebuah bisnis karikatur. Berbagai fitur kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi BBM ini tentu dapat memfasilitasi penyedia jasa karikatur untuk lebih meningkatkan pemasarannya. Berikut akan saya bagikan beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan layanan BBM :

1.  Gunakan Smartphone khusus untuk bisnis karikatur

Memisahkan smartphone untuk bisnis karikatur dengan smartphone pribadi sangat saya anjurkan agar kita lebih leluasa membroadcast message atau mengganti dispaly picture tanpa harus mengganggu message pribadi. Dengan begitu masing-masing broadcast message akan terkontrol dengan baik.

2.  Tambah kontak BBM sebanyak-banyaknya

Semakin banyak kontak BBM yang kita miliki maka akan semakin besar pula peluang kita untuk memasarkan bisnis karikatur ke berbagai kalangan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminta kontak kepada orang yang kita kenal atau pun rekan kerja dan bisa juga melakukan pencarian di internet. Lakukan terus langkah ini sampai kita merasa sudah cukup banyak memiliki kontak BBM. Saran saya jika kita sudah memiliki target market bisnis karikatur yang jelas maka sesuaikanlah akun BBM yang dimasukkan dengan kebutuhan bisnis karikatur kita. 

3.  Gantilah Dispalay Picture dengan gambar karikatur yang berbeda-beda, lakukan secara teratur

Banyak yang suka membuka recent update dikala santai atau sedang merasa bosan. Recent picture ialah notifikasi mengenai kontak BBM yang sedang mengganti Display Picture (DP) atau pun status BBM. Dengan sering mengganti gambar DP dengan gambar - gambar karikatur yang lucu maka secara tidak langsung kita akan mengenalkan dan mempromosikan bisnis karikatur kita kepada orang-orang yang ada di kontak BBM tersebut. Akan lebih baik lagi jika sesekali kita membuat DP dengan testimoni pelanggan karikatur yang puas terhadap layanan karikatur kita. Selain itu, dengan mengganti DP secara teratur menunjukkan bahwa bisnis karikatur kita tetap exist. Faktanya pelanggan karikatur akan lebih percaya dengan penyedia jasa karikatur yang selalu update.

4.  Lakukan broadcast sewajarnya untuk mengiklankan bisnis karikatur

Tidak semua orang akan senang dengan pesan broadcast yang kita tawarkan. Untuk itu menurut hemat saya jangan lupa memberitahukan kepada rekan-rekan di kontak BBM bahwasanya pin kita sudah difungsikan untuk mengembangkan bisnis karikatur yang sedang kita jalani dan memberikan informasi penawaran jasa karikatur. Dengan demikian para calon pelanggan karikatur bisa menghapus kontak BBM jika mereka tidak tertarik dengan jasa karikatur yang kita tawarkan.

Sementara untuk calon pelanggan karikatur yang tertarik dengan jasa karikatur yang kita tekuni maka berikanlah informasi - informasi yang berguna bagi mereka atau pun diskon yang sedang kita berikan. Lakukan secara berkala tetapi jangan dilakukan setiap hari karena akan menggangu kenyamanan pelanggan karikatur. Cukup lakukan seminggu sekali menurut hemat saya karena kita sudah melakukan pengenalan karikatur melalaui pergantian DP. 

5.  Buatlah Grup BBM untuk bisnis karikatur 

 Membuat sebuah grup BBM akan menunjang kelancaran bisnis karikatur ini serta menjaga loyalitas pelanggan karikatur. Kita dapat memberikan informasi terbaru mengenai karikatur melalui grup BBM. Patut dicatat, jangan lupa meminta izin kepada member grup BBM agar notifikasi grup yang masuk ke BBM tidak mengganggu kenyamanan mereka. Ada baiknya kita memberikan promosi dan diskon khususnya kepada pelanggan dan calon pelanggan karikatur yang bergabung di dalam grup BBM kita.

Pada dasarnya, penggunaan aplikasi BBM untuk media promosi bisnis karikatur haruslah memperhatikan kenyamanan orang-orang yang berada di kontak BBM. Jika mereka merasa nyaman dan tidak terganggu dengan bisnis karikatur yang kita tawarkan Insya Allah mereka akan tertarik dan paling tidak merekomendasikan bisnis karikatur ini kepada rekan - rekan nya yang lain. Akhir kata saya sudahi dulu tulisan mengenai cara mengoptimalkan layanan BBM untuk bisnis karikatur ini saya bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : www.maxmanroe.com

Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Cara Mengoptimalkan Layanan BBM Untuk Bisnis Karikatur"

  1. memang gambar dengan kariatur sangat digemari ya, unik soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betuk mbak Lia... gambarnya lebih berbicara :)

      Hapus
  2. kembangkan terus bakatnya, untuk lomba2 juga banyak menggunakan gambar karikatur dengan editing tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak evrinasp , nanti saya mau ikutan lomba yg mbak bilang :)

      Hapus
  3. Aku jujur, nggak bisa gambar mas..kalau liat artis yang bisa nggambar karikatur aku kasih applaus deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ... aku bukan artis mbak dewi... berarti nggak ada aplausnya ni :)

      Hapus
  4. Iya kalau sehari sampai tiga kali macam minum obat, ini mengganggu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diatur jadwal nya sebaik mungkin mbak Nita... dan kalau bisa diselingi dengan status yg lain , jgn hanya promosi aja .... :)

      Hapus
  5. Instagram juga penting ya mas untuk bisnis, soalnya kadang pelanggan lihat-lihat barang yang mau dibelnya dari instagram kan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu mbak Dian, skrang Instagram lgi populer ....

      Hapus
  6. Selain di BBM, buat sosmed yg lain jga mungkin bisa d terapin ya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Mas Jenz ... Instagram juga lagi ngehits ... yg bisa dicoba untuk memasarkan produk kita

      Hapus
  7. semoga ada yg lebih berkah mas.... sukses terusss

    BalasHapus
  8. Nah kalau broadcast sewajarnya sih mending di BBM, yang paling sebel itu kalau ada yang suka BC tapi untuk kepentingannya sendiri dan hampir tiap hari. So delcon aja deh kalau saya ketemu orang begini haha. PAdahal kalau sewajarnya sudah pasti kita oke-oke saja kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sering juga dapat kayak gitu mbak, sehari mau 5 kali ...

      Hapus
  9. gambar yang menarik pasti akan membuat orang ingin terus mengunjungi dan melakukan order.. semoga selalu sukses ya mas bisnisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan yg penting pelanggan merasa puas dgn hasil kerja kita mbak Vika

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.