Cara Melayani Pelanggan Karikatur dengan Benar


Cara Melayani Pelanggan Karikatur dengan Benar

Assalamualaikum wr. wb

Dalam menjalankan bisnis karikatur, tidak hanya semata-mata dituntut skill yang memadai akan tetapi juga bagaimana cara kita melayani para pelanggan karikatur. Selain kepuasan dengan hasil dan kualitas yang kita miliki, mereka juga mendambakan bagaimana pelayanan kita terhadap mereka para pelanggan. Apakah cara kita dengan mendengarkan mereka, memanjakan pelanggan karikatur, memberikan janji, saya rasa tidak ada yang salah dengan cara seperti ini. Karena pelanggan karikatur merupakan suatu kebutuhan untuk kelangsungan bisnis karikatur kita. Oleh karenanya setiap penyedia jasa karikatur haruslah mengetahui trik dan cara melayani para pelanggan ini dengan benar dan secara optimal tentunya.

Lantas bagaimanakah caranya agar dalam setiap pelayanan yang kita berikan kepada para pelanggan karikatur dapat lebih optimal lagi. Berikut saya coba bahas satu persatu, diantaranya :

1.  Benar-benar mendengarkan para pelanggan karikatur

Ketika pelanggan karikatur datang pada kita, tentunya mereka ingin sebuah hasil gambar karikatur yang unik dan lucu. Ketika mereka bercerita tentang bagaimana tema yang mereka inginkan maka tugas kita sebagai penyedia jasa karikatur adalah mendengarkan mereka dengan sedetailnya sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan. Jangan sekali-kali menyela ucapan mereka sampai pelanggan karikatur itu selesai mengeluarkan unek-uneknya. Dengarkan dan cermati apa saja yang mereka inginkan. Setelah kita menjadi pendengar yang baik, barulah kita memberikan tanggapan terhadap keinginan pelanggan karikatur tersebut. Apakah keinginannya tersebut bisa direalisasikan atau tidak, jika memang bisa direalisasikan maka kita laksanakan, akan tetapi jika memang tidak bisa sekali lagi saya katakan janganlah dipaksakan karena hasil yang kita berikan kepada pelanggan karikatur tidak akan maksimal.

2.  Jangan mengabaikan pelanggan karikatur

Pelanggan karikatur akan puas jika kita layani dengan cepat, jika mereka bertanya tentang suatu hal maka sebaiknya dijawab dengan cepat agar mereka tidak merasa diacuhkan. Jangan sekali-kali mengabaikan pertanyaan pelanggan karikatur, jawablah sebisa kita menjawabnya dan jangan pula dilebih-lebihkan. Buatlah janji yang mudah bagi kita untuk memenuhinya, jangan sampai kita mengingkari janji yang telah kita berikan kepada pelanggan karikatur. Misalkan kita berjanji jika pelanggan karikatur tersebut merasa ada yang kurang dengan hasil akhir desain karikaturnya, maka kita akan merevisinya. Maka jika hal itu terjadi sebaiknya kita merivisi desain karikaturnya.

3.  Memenuhi setiap kebutuhan pelanggan karikatur

Kita tahu bahwa melayani pelanggan karikatur ini bukan perkara mudah, mendengarkan setiap permintaan dan memastikan segala kebutuhannya terpenuhi tentunya diperlukan kerja ekstra. Hal ini tidak lantas membuat kita tidak mau mendengarkan atau bahkan mengabaikan permintaan pelanggan karikatur. Ingatlah bahwa pelanggan adalah raja, jadi perlakukan ia layaknya seorang raja. Pastikan apa yang diinginkan pelanggan karikatur kita penuhi walau pun banyak permintaan dari pelanggan tersebut. Karena pelanggan karikatur ini akan menjadi marketing tidak langsung yang akan menyampaikan kepada rekan-rekannya jika kita dapat memuaskan dan memenuhi keinginannya.

4.  Membangun kepercayaan terhadap pelanggan karikatur

Banyak cara dan upaya yang bisa kita lakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan karikatur. Salah satu caranya adalah terus menerus mengupayakan dan memberikan pelayanan terbaik mulai dari mendengarkan sampai memenuhi janji kepada para pelanggan karikatur. Ketika kita mampu memberikan pelayanan terbaik kita dan memenuhi apa yang pelanggan karikatur inginkan maka secara otomatis akan meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap kita sebagai penyedia jasa karikatur dan besar kemungkinan para pelanggan karikatur akan kembali memesan jasa karikatur kepada kita.

Pada dasarnya pelayanan terhadap pelanggan karikatur haruslah terus kita tingkatkan guna memajukan bisnis karikatur ini selain kualitas dan skill yang bagus tentunya. Semoga semakin hari para pelanggan karikatur akan semakin percaya dan menitipkan pesanan karikaturnya kepada kita semua. Amin. Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : mebiso.com

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Melayani Pelanggan Karikatur dengan Benar"

  1. Kalau itu semua terpenuhi pelangga bisa senang dan betah bakal pesan lagi ya mas. Semoga pelanggannya semakin banyak ya mas Ahmad.. aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar Mas Andi ... karena menurut saya pelanggan adalah raja :)

      Hapus
  2. membangun kpercayaan dengan mempertahankan prinsip yang disukai pelanggan, kyanya bisa menambah loyalitas pelanggan juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan mempertahnkan prinsip , Insya Allah pelanggan akan datang lagi Mbak Ami

      Hapus
  3. Karikatur adakah gambar (abstrak) yang mampu bikin orang tersenyum. Belum pernah sih memesan karikatur untuk postingan bunda, hehe... Mungkin suatu saat akan sampai ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali-kali pesan donk bunda untuk postingannya hehehe ...

      Hapus
  4. Hehe...maaf salah seharusnya menulis konkrit bukan abstrak, karena kaan karikatur itu menggambarkaan sosok seseorang yang dilebih-lebihkan sehingga tampilannya lucu dan menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dahulu biasanya karikatur di buat untuk menggambarkan sosok seorang pejabat atau publik figur , tapi sekarang karikatur juga dibuat untuk hal yg lebih luas lagi seperti untuk couple pernikahan , ulang tahun dan lainnya....

      Hapus
  5. Lucu-lucu karikaturnya.. Sukses ya bisnisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak Marita... order donk mbak Marita :)

      Hapus
  6. Saya baru menyadari kalau membuat karikatur ternyata merupakan sebuah profesi yg keren banget yaa. Kirain cuma hobi saja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya saya hobi membuat karikatur tetapi lama2 mnjadi profesi mbak Aira :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.