Cara Berkomunikasi Yang Benar terhadap Pelanggan Karikatur


Cara Berkomunikasi Yang Benar terhadap Pelanggan Karikatur
Assalamualaikum wr. wb


Entah kenapa malam ini malas sekali rasanya mau menulis artikel, tetapi untuk memberikan tips-tips yang berguna bagi sobat semua, maka dengan semangat saya akan coba menghilangkan rasa malasnya. Sama-sama kita ketahui memasarkan jasa karikatur itu tidak diharuskan secara online. Dengan berinteraksi secara langsung menawarkan jasa karikatur kepada pelanggan karikatur yang kita jumpai juga merupakan suatu cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis karikatur. 

Adakalanya kita jumpai pelanggan karikatur yang baik dan adakalanya pula kita mendapatkan pelanggan yang cerewet, bawel, tidak sabaran, bahkan ada juga pelanggan karikatur yang terus bertanya tentang jasa karikatur ini tetapi tidak jadi memesan jasa karikatur. Tentunya hal ini akan membuat kita marah dan emosi, namun kita sebagai penyedia jasa karikatur tidak boleh marah atau menunjukkan hal yang membuat pelanggan karikatur tersinggung. Sekali lagi saya katakan pelanggan karikatur kita adalah raja yang harus dilayani dengan baik. Untuk itulah kita sebagai penyedia jasa karikatur harus mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan agar pelanggan karikatur terpenuhi keinginannya dan jadi memesan jasa karikatur. Menurut saya faktor komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting karena berpengaruh terhadap si pelanggan karikatur apakah jadi atau tidak memesan jasa karikatur. Namun bagaimana caranya agar komunikasi tersebut bisa memikat hati para pelanggan karikatur ??? berikut akan saya jelaskan satu persatu :

1. Berikan kesan pertama yang bagus kepada pelanggan karikatur

Kesan pertama adalah suatu hal yang sangat penting, berikanlah kesan pertama yang bagus untuk pelanggan karikatur. Jika pada saat pertama berkomunikasi dengan pelanggan karikatur kita sudah memperlihatkan wajah yang jutek, tidak menutup kemungkinan pelanggan karikatur akan segera meninggalkan kita.

2. Pergunakanlah kalimat yang singkat dan mudah dimengerti oleh pelanggan karikatur

Janganlah bertele-tele dalam menjelaskan jasa karikatur yang akan kita tawarkan. Berikanlah kalimat yang singkat namun jelas dan mudah dimengerti agar pelanggan karikatur tidak bingung dengan penjelasan kita.

3. Teruslah tersenyum kepada pelanggan karikatur

Dengan memberikan senyuman akan memberikan kesan bahwa kita orang yang ramah dan tidak jutek terhadap pelanggan karikatur. 

4. Berikan jawaban yang memuaskan kepada pelanggan karikatur, jika mereka bertanya

Jika pelanggan karikatur memberikan suatu pertanyaan, maka secepatnya berikan jawaban kepada mereka agar mereka merasa dilayani dengan baik. Hal ini memang kelihatan sepele namun berpengaruh besar dan memberikan kesan mendalam terhadap pelanggan karikatur kita.

5. Gunakan kalimat yang bernada positif dan berikan pujina terhadap pelanggan karikatur

Pelanggan karikatur tentunya ingin mendengarkan kata-kata yang bernada positif dari kita yang bisa memberikan motivasi dan juga mood yang bagus buat mereka. Dan sekali-kali jangan lupa untuk memberikan pujian agar mereka merasa tersanjung.

6. Berbicaralah dengan antusiasme yang tinggi kepada pelanggan karikatur

Pelanggan karikatur akan merasa lebih tertarik dengan nada bicara kita yang memiliki antusias tinggi.

7. Berikanlah tatapan mata yang penuh hormat, sopan dan bermartabat kepada pelanggan karikatur

Jika kita bertatapan mata dengan pelanggan karikatur, maka berikan kepadanya tatapan yang penuh hormat, sopan dan bermartabat agar pelanggan merasa dihargai oleh kita. Jangan sekali-kali memberikan tatapan yang sinis.

8. Bersikap tulus kepada pelanggan karikatur

Bersikap tuluslah kepada pelanggan karikatur yang sedang kita jumpai, karena dengan sikap tulus tersebut akan membuat pelanggan karikatur akan betah berlama-lama bicara dengan kita. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menjelaskan secara gamblang tentang bisnis karikatur yang sedang kita geluti. 

9. Jaga emosi saat berbicara dengan pelanggan karikatur

Emosi sangat perlu dijaga saat akan melayani pelanggan karikatur, apalagi disaat pelanggan menanyakan tentang suatu hal yang berhubungan dengan karikatur.

10. Jaga sikap terhadap pelanggan karikatur

Agar pelanggan karikatur merasa tertarik dan mau memesan jasa karikatur maka menjaga sikap adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan. Jika kita bersikap baik terhadap pelanggan maka pelanggan karikatur pun akan merasa senang dengan kebaikan sikap yang kita lakukan dan besar kemungkinan akan memesan jasa karikatur yang kita tawarkan.

Demikian uraian singkat yang bisa saya berikan agar kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan karikatur. Karena komunikasi dan interaksi terhadap pelanggan karikatur menjadi sangat penting untuk menarik simpati mereka. Akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : pengayaan.com

Postingan terkait:

90 Tanggapan untuk "Cara Berkomunikasi Yang Benar terhadap Pelanggan Karikatur"

  1. Emang yang namanya komunikasi itu sangat penting ya om.. bisa meyakinkan pelanggan agar mau order barang kita :-)

    BalasHapus
  2. Wah pelanggannya pasti banyak nih. Tipsnya banyak gitu. Kok gak ada ngedipin customer mas? Saya biasanya gitu kalo customernya mbak-mbak cakep, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ... Mas Riza bisa aja ... tapi sarannya boleh juga tu mas untuk dicoba :)

      Hapus
  3. tidak emosi dan tulus dalam mengadapi yang crewt rewel dan bikin hati kesel. tantangnnya itu loh mas muantaps

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang gitula Mangs Abdul , jika sdh menghadapi pelanggan karikatur yg cerewet, harus sabar karena pelanggan adalah raja :)

      Hapus
  4. memikih kata positif sulit ga sih buat yang pesen karikatur, misal ada yang menti gambarnya aslinya gendut jadi kurus tapi tetep harus mirip.. nah ngomongnya gimana yak kalo gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yach kalau emang bisa kita kerjakan , kita kerjakan. akan tetapi jika emang tdk bisa ya kita katakan dgn halus jika itu tdk bisa dilakukan. begitu mbak Mirna :)

      Hapus
  5. Wah keren. Saya tanda tangan aja fail, sering disuruh ngulang sama bank, apalagi karikatur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ... terimakasih kunjungannya mbak Lusi

      Hapus
  6. Komunikasi yang baik itu emang penting banget ya. Apalagi kalau via tulisan gitu. Ga jarang disalah artikan karena cara bacanya beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbak Dian saya setuju ... karena kesan pertama biasanya komunikasi yg baik terhadap pelanggan

      Hapus
  7. Komunikasi awal yg baik buat pelanggan Apa pun usahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika komunikasi awal baik maka kemungkinan besar pelanggan akan memesan jasa kita .... :)

      Hapus
  8. Tamu adalah raja. Saat disambut positif, meski gak beli tp berkesan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. walau tdk jadi memesan jasa mungkin suatu saat ia akan datang kembali

      Hapus
  9. Bener ..komunikasi di sosmed contohnya..karena kt nggak ketemu langsung kadang kita nggak ngerti apa lawan bicara kita tersinggung atau marah atau gimana ....sama juga dengan memperlakukan pelanggan..harus sabarlah intinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimnapun kondisinya kita harus sabar ... betul tu mbak Dewi

      Hapus
  10. Sebagai konsumen, kesan pertama dari seorang penyedia jasa memang sangat menentukan. Contohnya, aku pernah ketemu penyedia jasa yang juteeekkk banget. Akhirnya aku gak jadi order di dia. Selain komunikasi, penilaian terhadap penampilan calon customer juga harus diperhatikan mas. Jangan cuma liat penampilan calon customer kemudia menjudge mereka "mampu atau gak mampu". Kesel banget nih klo ketemu penyedia jasa yang kaya gini. Giliran kita berpenampilan keren, ramahnya bukan main. Ketika kita berpenampilan "gembel" juteknya naudzubilah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sarannya ni Mas ... akan saya terapkan :)

      Hapus
  11. salam kenal
    kunjungan balik pertama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga Mas Rezky... terimaksih atas kunjungannya

      Hapus
  12. Temanku ada yang pintar bikin karikatur. Tapi cuma disimpan sendiri. :( Rupanya bagus ya buat peluang usaha? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus juga mbak Nisa ... yg penting jgn malas untuk mempromosikannya :)

      Hapus
  13. Wow...keren bisa bikin karikatur, mantap, sukses ya Mas Ahmad

    BalasHapus
  14. aku suka nih sama poin2 diatas, coba setiap penjuala sopan santunnya kaya gitu, nagih kali buat belinya hehe

    BalasHapus
  15. Senyum sama pelanggan bukan hanya berlaku bagi karikatur sih Mas tapi semua profesi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak Ajen ...Karena senyum menandakan bahwa kita ramah sama pelanggan

      Hapus
  16. Setuju, aku pernah jualan online juga, memang harus sabar-sabar. Kalo dari sisi customer kita pasti akan pilih pedagang yang ramah walaupun harga agak mahal ketimbang pedagang yang judes. Kalo bisa sih udah murah ramah pula hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ... memang yg banyak dicari tu mbak Wuri, udah murah ramah lagi ....

      Hapus
  17. komnikasi marketing untuk gaet konsumen memang wajib yang baik2 bg, lah kalau aku jadi pelanggan ajdi tau dung yang dilakukan penyedia jasa karikatur, haha

    BalasHapus
  18. Cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan emang penting banget

    BalasHapus
  19. secara garis besar poin2nya bisa diterapkan dlm menjalankan usaha lain ya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Mbak siethi ... untuk usaha yg lain pun bisa diterapkan juga

      Hapus
  20. wahhh benar sekali nih, terima kasih sudah sharing om

    BalasHapus
  21. cara komunikasi diatas bagus juga untuk bisnis yang lain, smoga rame mas pelanggannya

    BalasHapus
  22. Dengan sepuluh cara berkomunikasi tersebut maka para calon pelanggan maupun pelanggan akan merasa nyaman dan senang ya, Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting konsisten melaksanakannya Mas Akhmad

      Hapus
  23. pelanggan adalah raja, jadi wajib dihormati
    meski kadang ada yang g tau diri,heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar pelanggan adalah raja Mas Rezky ... walau kadang2 ada pelanggan yg berlebihan , kita harus sabar menghadapinya :)

      Hapus
  24. Pembelinya juga nggak boleh kelewat cerewet, haha... Mesti sama2 menghormati juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udh kelewat cerewet , ya sebel juga sich mbak Nita, tapi ya harus sabar, namanya pelanggan adalah Raja :)

      Hapus
  25. Kalo cuma kebanyakan nanya tapi nggak beli ya pastinya KZL ya mas.. Heheheee. Sukses terus bisnisnya ya maaas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehmm .. gimana lagi Mas namanya pelanggan adalah raja , harus sabar hehehe

      Hapus
  26. Kece nih bisnisnya Mas. Suka gambar dari kecil pastina ya? memang pelanggan beragam rasa juga. Sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka mengotak-atik foto mbak Widya ... :)

      Hapus
  27. Kalau komunikasinya bagus, bisnis lancar ya

    BalasHapus
  28. Saya pernah jualan baju secara online. Dulu. Dan kurang lebih memang kayak gitu sih, karena balik lagi semua itu ke 'pelanggan adalah raja'. Meskipun beberapa sangat easy come easy go, tapi ya resikonya gitu, gimana lagi. Sama-sama butuh, komunikasi harus dijalin supaya sama-sama enak.. Paling gak meskipun gak jadi beli, dah berbuat kebaikan bersikap ramah.

    Akhirnya sayanya gak kuat karena musti mengalokasikan banyak waktu di hape buat melayani chat :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang semuanya butuh kerja keras ya Mas biar hasil yg didapatkan juga maksimal ...... terutama maslah komunikasi ini :)

      Hapus
  29. Jualan di sosial media emang kuncinya adalah sabar dan komunikasi
    Semangat terus mas, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeap betul ... kesabaran adalah kunci utamanya mbak Yasinta

      Hapus
  30. saya saya gak punya ke ahlian dibidang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing2 ada keahlian Mas, Mungkin Mas Lee keahliannya dibidang yg lain

      Hapus
  31. ini Strategi marketing dan pelayanan yang baik mas.. Sukses selalu, kapan2 perlu berguru untuk karikatur ini.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ... saya pun masi harus banyak bljar ni Mas Jens

      Hapus
  32. jaga Iman ketika menghadapi Klien "aduhai"..

    jadi inget quote Bill Gate, ketidak puasan pelanggan adalah sarana belajar atas kesalahan yg ada...

    BalasHapus
  33. Dan klien adalah raja ya Mas..
    Dengan 10 hal diatas bisa di coba noh untuk customer toko ku

    BalasHapus
  34. Bagus tipsnya mas.
    Bukan cuma untuk bidang karikatur doang.
    Buat bidang lain juga bisa diterapkan nih.

    BalasHapus
  35. Bisa juga diterapkan dalam bisnis lainnya.

    BalasHapus
  36. setuju komunikasi itu penting karena manusia ga bisa bahasa batin hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi di TV kayaknya bisa tu bahasa batin mbak Herva hehehe

      Hapus
  37. Makasiih sharingnyaa mas, komunikasi yang baik memang sangat penting. Apalagi antara penjual dan pembeli. Harus banyak sabar kalau menghadapi pembeli yang banyak mau :" #curhat #pengalamanpribadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ... krn pmbeli adalah eaja mbak ...

      Hapus
  38. Yap bener banget tuh tipstipsnya secara tidak semua pelanggan karikatur itu memahami dengan detil dan butuh penjelasan dengan baik

    BalasHapus
  39. jualan apapun ..namanya pelanggan harus diramahi... harus antusias..dan senyum kalo nggak kabur...deh..

    BalasHapus
  40. cara di atas bukan hanya utk pelanggan karikatur sih... utk nasabah2ku di bank, aku jg pake cara d atas saat bicara dgn mereka... kita hrs tenang, tetep senyum, kontak mata, bicara di atur, supaya nasabah tertarik utk beli produk2 bank ato ttp jd nasabah kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya hrs beljar banyak sama mbak Fanny ni menegenai cara berkomunikasi kpd para pelanggan

      Hapus
  41. Aku beberapa kali cancel pesanan barang karena pelayanannya terutama cara berkomunikasi yang nggak enak sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal komunikasi yg paling pnting ya mbak ....

      Hapus
  42. ayo semua pada order karikatur
    murah banget lho di mas ahmad :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe .... mbak ninda juga la order....

      Hapus
  43. kalo komunikasinya sukses, biasanya pelanggan juga ga segan2 order lagi:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena komunikasi emg pnting dlm mnjaga plnggan tetap setia :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.