Entah kenapa malam ini malas sekali rasanya mau menulis artikel, tetapi untuk memberikan tips-tips yang berguna bagi sobat semua, maka dengan semangat saya akan coba menghilangkan rasa malasnya. Sama-sama kita ketahui memasarkan jasa karikatur itu tidak diharuskan secara online. Dengan berinteraksi secara langsung menawarkan jasa karikatur kepada pelanggan karikatur yang kita jumpai juga merupakan suatu cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis karikatur.
Adakalanya kita jumpai pelanggan karikatur yang baik dan adakalanya pula kita mendapatkan pelanggan yang cerewet, bawel, tidak sabaran, bahkan ada juga pelanggan karikatur yang terus bertanya tentang jasa karikatur ini tetapi tidak jadi memesan jasa karikatur. Tentunya hal ini akan membuat kita marah dan emosi, namun kita sebagai penyedia jasa karikatur tidak boleh marah atau menunjukkan hal yang membuat pelanggan karikatur tersinggung. Sekali lagi saya katakan pelanggan karikatur kita adalah raja yang harus dilayani dengan baik. Untuk itulah kita sebagai penyedia jasa karikatur harus mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan agar pelanggan karikatur terpenuhi keinginannya dan jadi memesan jasa karikatur. Menurut saya faktor komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting karena berpengaruh terhadap si pelanggan karikatur apakah jadi atau tidak memesan jasa karikatur. Namun bagaimana caranya agar komunikasi tersebut bisa memikat hati para pelanggan karikatur ??? berikut akan saya jelaskan satu persatu :
1. Berikan kesan pertama yang bagus kepada pelanggan karikatur
Kesan pertama adalah suatu hal yang sangat penting, berikanlah kesan pertama yang bagus untuk pelanggan karikatur. Jika pada saat pertama berkomunikasi dengan pelanggan karikatur kita sudah memperlihatkan wajah yang jutek, tidak menutup kemungkinan pelanggan karikatur akan segera meninggalkan kita.
2. Pergunakanlah kalimat yang singkat dan mudah dimengerti oleh pelanggan karikatur
Janganlah bertele-tele dalam menjelaskan jasa karikatur yang akan kita tawarkan. Berikanlah kalimat yang singkat namun jelas dan mudah dimengerti agar pelanggan karikatur tidak bingung dengan penjelasan kita.
3. Teruslah tersenyum kepada pelanggan karikatur
Dengan memberikan senyuman akan memberikan kesan bahwa kita orang yang ramah dan tidak jutek terhadap pelanggan karikatur.
4. Berikan jawaban yang memuaskan kepada pelanggan karikatur, jika mereka bertanya
Jika pelanggan karikatur memberikan suatu pertanyaan, maka secepatnya berikan jawaban kepada mereka agar mereka merasa dilayani dengan baik. Hal ini memang kelihatan sepele namun berpengaruh besar dan memberikan kesan mendalam terhadap pelanggan karikatur kita.
5. Gunakan kalimat yang bernada positif dan berikan pujina terhadap pelanggan karikatur
Pelanggan karikatur tentunya ingin mendengarkan kata-kata yang bernada positif dari kita yang bisa memberikan motivasi dan juga mood yang bagus buat mereka. Dan sekali-kali jangan lupa untuk memberikan pujian agar mereka merasa tersanjung.
6. Berbicaralah dengan antusiasme yang tinggi kepada pelanggan karikatur
Pelanggan karikatur akan merasa lebih tertarik dengan nada bicara kita yang memiliki antusias tinggi.
7. Berikanlah tatapan mata yang penuh hormat, sopan dan bermartabat kepada pelanggan karikatur
Jika kita bertatapan mata dengan pelanggan karikatur, maka berikan kepadanya tatapan yang penuh hormat, sopan dan bermartabat agar pelanggan merasa dihargai oleh kita. Jangan sekali-kali memberikan tatapan yang sinis.
8. Bersikap tulus kepada pelanggan karikatur
Bersikap tuluslah kepada pelanggan karikatur yang sedang kita jumpai, karena dengan sikap tulus tersebut akan membuat pelanggan karikatur akan betah berlama-lama bicara dengan kita. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menjelaskan secara gamblang tentang bisnis karikatur yang sedang kita geluti.
9. Jaga emosi saat berbicara dengan pelanggan karikatur
Emosi sangat perlu dijaga saat akan melayani pelanggan karikatur, apalagi disaat pelanggan menanyakan tentang suatu hal yang berhubungan dengan karikatur.
10. Jaga sikap terhadap pelanggan karikatur
Agar pelanggan karikatur merasa tertarik dan mau memesan jasa karikatur maka menjaga sikap adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan. Jika kita bersikap baik terhadap pelanggan maka pelanggan karikatur pun akan merasa senang dengan kebaikan sikap yang kita lakukan dan besar kemungkinan akan memesan jasa karikatur yang kita tawarkan.
Demikian uraian singkat yang bisa saya berikan agar kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan karikatur. Karena komunikasi dan interaksi terhadap pelanggan karikatur menjadi sangat penting untuk menarik simpati mereka. Akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum wr. wb.
Sumber referensi : pengayaan.com
Emang yang namanya komunikasi itu sangat penting ya om.. bisa meyakinkan pelanggan agar mau order barang kita :-)
BalasHapusbenar Mas .... kesan pertama dari pelanggan adalah komunikasi kita :)
Hapussetuju saya mas
Hapusterimaksih ni Mangs Abdul
HapusWah pelanggannya pasti banyak nih. Tipsnya banyak gitu. Kok gak ada ngedipin customer mas? Saya biasanya gitu kalo customernya mbak-mbak cakep, hahaha
BalasHapushahaha ... Mas Riza bisa aja ... tapi sarannya boleh juga tu mas untuk dicoba :)
Hapustidak emosi dan tulus dalam mengadapi yang crewt rewel dan bikin hati kesel. tantangnnya itu loh mas muantaps
BalasHapuskadang gitula Mangs Abdul , jika sdh menghadapi pelanggan karikatur yg cerewet, harus sabar karena pelanggan adalah raja :)
Hapusmemikih kata positif sulit ga sih buat yang pesen karikatur, misal ada yang menti gambarnya aslinya gendut jadi kurus tapi tetep harus mirip.. nah ngomongnya gimana yak kalo gitu
BalasHapusyach kalau emang bisa kita kerjakan , kita kerjakan. akan tetapi jika emang tdk bisa ya kita katakan dgn halus jika itu tdk bisa dilakukan. begitu mbak Mirna :)
HapusWah keren. Saya tanda tangan aja fail, sering disuruh ngulang sama bank, apalagi karikatur :D
BalasHapushehehe ... terimakasih kunjungannya mbak Lusi
HapusKomunikasi yang baik itu emang penting banget ya. Apalagi kalau via tulisan gitu. Ga jarang disalah artikan karena cara bacanya beda
BalasHapusbetul Mbak Dian saya setuju ... karena kesan pertama biasanya komunikasi yg baik terhadap pelanggan
HapusKomunikasi awal yg baik buat pelanggan Apa pun usahanya
BalasHapusjika komunikasi awal baik maka kemungkinan besar pelanggan akan memesan jasa kita .... :)
HapusTamu adalah raja. Saat disambut positif, meski gak beli tp berkesan baik
BalasHapuswalau tdk jadi memesan jasa mungkin suatu saat ia akan datang kembali
HapusBener ..komunikasi di sosmed contohnya..karena kt nggak ketemu langsung kadang kita nggak ngerti apa lawan bicara kita tersinggung atau marah atau gimana ....sama juga dengan memperlakukan pelanggan..harus sabarlah intinya.
BalasHapusbagaimnapun kondisinya kita harus sabar ... betul tu mbak Dewi
HapusSebagai konsumen, kesan pertama dari seorang penyedia jasa memang sangat menentukan. Contohnya, aku pernah ketemu penyedia jasa yang juteeekkk banget. Akhirnya aku gak jadi order di dia. Selain komunikasi, penilaian terhadap penampilan calon customer juga harus diperhatikan mas. Jangan cuma liat penampilan calon customer kemudia menjudge mereka "mampu atau gak mampu". Kesel banget nih klo ketemu penyedia jasa yang kaya gini. Giliran kita berpenampilan keren, ramahnya bukan main. Ketika kita berpenampilan "gembel" juteknya naudzubilah.
BalasHapusterimakasih sarannya ni Mas ... akan saya terapkan :)
Hapussalam kenal
BalasHapuskunjungan balik pertama...
salam kenal juga Mas Rezky... terimaksih atas kunjungannya
HapusTemanku ada yang pintar bikin karikatur. Tapi cuma disimpan sendiri. :( Rupanya bagus ya buat peluang usaha? :)
BalasHapusbagus juga mbak Nisa ... yg penting jgn malas untuk mempromosikannya :)
HapusWow...keren bisa bikin karikatur, mantap, sukses ya Mas Ahmad
BalasHapusterimakasih ya mbak Rani
Hapusaku suka nih sama poin2 diatas, coba setiap penjuala sopan santunnya kaya gitu, nagih kali buat belinya hehe
BalasHapushehehe .... pastinya nagih mbak Ami
HapusSenyum sama pelanggan bukan hanya berlaku bagi karikatur sih Mas tapi semua profesi :D
BalasHapusia mbak Ajen ...Karena senyum menandakan bahwa kita ramah sama pelanggan
HapusSetuju, aku pernah jualan online juga, memang harus sabar-sabar. Kalo dari sisi customer kita pasti akan pilih pedagang yang ramah walaupun harga agak mahal ketimbang pedagang yang judes. Kalo bisa sih udah murah ramah pula hihihi.
BalasHapushehehe ... memang yg banyak dicari tu mbak Wuri, udah murah ramah lagi ....
Hapuskomnikasi marketing untuk gaet konsumen memang wajib yang baik2 bg, lah kalau aku jadi pelanggan ajdi tau dung yang dilakukan penyedia jasa karikatur, haha
BalasHapusia donk bg Sabda ... :)
HapusCara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan emang penting banget
BalasHapusbetul bgt tu mbak Liswanti .....
Hapussecara garis besar poin2nya bisa diterapkan dlm menjalankan usaha lain ya Mas
BalasHapusia Mbak siethi ... untuk usaha yg lain pun bisa diterapkan juga
Hapuswahhh benar sekali nih, terima kasih sudah sharing om
BalasHapussama-sama Mas Andrie
Hapuscara komunikasi diatas bagus juga untuk bisnis yang lain, smoga rame mas pelanggannya
BalasHapusyap benar Mas ... terimakasih doanya
HapusDengan sepuluh cara berkomunikasi tersebut maka para calon pelanggan maupun pelanggan akan merasa nyaman dan senang ya, Mas :)
BalasHapusyang penting konsisten melaksanakannya Mas Akhmad
Hapuspelanggan adalah raja, jadi wajib dihormati
BalasHapusmeski kadang ada yang g tau diri,heheh
memang benar pelanggan adalah raja Mas Rezky ... walau kadang2 ada pelanggan yg berlebihan , kita harus sabar menghadapinya :)
HapusPembelinya juga nggak boleh kelewat cerewet, haha... Mesti sama2 menghormati juga.
BalasHapuskalau udh kelewat cerewet , ya sebel juga sich mbak Nita, tapi ya harus sabar, namanya pelanggan adalah Raja :)
HapusKalo cuma kebanyakan nanya tapi nggak beli ya pastinya KZL ya mas.. Heheheee. Sukses terus bisnisnya ya maaas
BalasHapusehmm .. gimana lagi Mas namanya pelanggan adalah raja , harus sabar hehehe
HapusKece nih bisnisnya Mas. Suka gambar dari kecil pastina ya? memang pelanggan beragam rasa juga. Sukses ya :)
BalasHapussaya suka mengotak-atik foto mbak Widya ... :)
HapusKalau komunikasinya bagus, bisnis lancar ya
BalasHapusbenar tu mbak Nathalia
HapusSaya pernah jualan baju secara online. Dulu. Dan kurang lebih memang kayak gitu sih, karena balik lagi semua itu ke 'pelanggan adalah raja'. Meskipun beberapa sangat easy come easy go, tapi ya resikonya gitu, gimana lagi. Sama-sama butuh, komunikasi harus dijalin supaya sama-sama enak.. Paling gak meskipun gak jadi beli, dah berbuat kebaikan bersikap ramah.
BalasHapusAkhirnya sayanya gak kuat karena musti mengalokasikan banyak waktu di hape buat melayani chat :v
memang semuanya butuh kerja keras ya Mas biar hasil yg didapatkan juga maksimal ...... terutama maslah komunikasi ini :)
HapusJualan di sosial media emang kuncinya adalah sabar dan komunikasi
BalasHapusSemangat terus mas, sukses selalu
Yeap betul ... kesabaran adalah kunci utamanya mbak Yasinta
Hapussaya saya gak punya ke ahlian dibidang ini
BalasHapusmasing2 ada keahlian Mas, Mungkin Mas Lee keahliannya dibidang yg lain
Hapusini Strategi marketing dan pelayanan yang baik mas.. Sukses selalu, kapan2 perlu berguru untuk karikatur ini.. hehe
BalasHapushehehe ... saya pun masi harus banyak bljar ni Mas Jens
Hapusthanks tipsnya....
BalasHapussama - sama Mas
Hapusjaga Iman ketika menghadapi Klien "aduhai"..
BalasHapusjadi inget quote Bill Gate, ketidak puasan pelanggan adalah sarana belajar atas kesalahan yg ada...
betul ... betul .. betul Mas
HapusDan klien adalah raja ya Mas..
BalasHapusDengan 10 hal diatas bisa di coba noh untuk customer toko ku
monggo silahkan dipraktekkan Mas Anis
HapusBagus tipsnya mas.
BalasHapusBukan cuma untuk bidang karikatur doang.
Buat bidang lain juga bisa diterapkan nih.
ia betul Mas Rudi
HapusBisa juga diterapkan dalam bisnis lainnya.
BalasHapusBenar mas Mukhsin...
Hapussetuju komunikasi itu penting karena manusia ga bisa bahasa batin hehehe
BalasHapustapi di TV kayaknya bisa tu bahasa batin mbak Herva hehehe
HapusMakasiih sharingnyaa mas, komunikasi yang baik memang sangat penting. Apalagi antara penjual dan pembeli. Harus banyak sabar kalau menghadapi pembeli yang banyak mau :" #curhat #pengalamanpribadi
BalasHapusHehe ... krn pmbeli adalah eaja mbak ...
HapusYap bener banget tuh tipstipsnya secara tidak semua pelanggan karikatur itu memahami dengan detil dan butuh penjelasan dengan baik
BalasHapushrs pintar ngomong lah mbak Febri
Hapusjualan apapun ..namanya pelanggan harus diramahi... harus antusias..dan senyum kalo nggak kabur...deh..
BalasHapusSetuju mbak nova
Hapuscara di atas bukan hanya utk pelanggan karikatur sih... utk nasabah2ku di bank, aku jg pake cara d atas saat bicara dgn mereka... kita hrs tenang, tetep senyum, kontak mata, bicara di atur, supaya nasabah tertarik utk beli produk2 bank ato ttp jd nasabah kita :)
BalasHapussepertinya hrs beljar banyak sama mbak Fanny ni menegenai cara berkomunikasi kpd para pelanggan
HapusAku beberapa kali cancel pesanan barang karena pelayanannya terutama cara berkomunikasi yang nggak enak sama sekali.
BalasHapuspadahal komunikasi yg paling pnting ya mbak ....
Hapusayo semua pada order karikatur
BalasHapusmurah banget lho di mas ahmad :D
Hehehe .... mbak ninda juga la order....
Hapuskalo komunikasinya sukses, biasanya pelanggan juga ga segan2 order lagi:)
BalasHapusKarena komunikasi emg pnting dlm mnjaga plnggan tetap setia :)
Hapus